Seperti Bermain Voli Tanpa Menggunakan Tangan, Berikut Sejarah Permainan Olahraga Sepak Takraw

Sepak Takraw adalah permainan bola voli dengan kaki di mana pemain menendang serta menghalau bola hanya menggunakan kaki, lutut, dada dan kepala. Aturan dan peraturan permainan sangat mirip dengan bola voli. Sebuah permainan yang sangat populer di seluruh Asia Tenggara, permainan ini dimainkan dengan menggunakan rotan atau bola sintetis. Sejak tahun 1990, sepak takraw juga masuk dalam Asian Games. Mirip dengan bola voli di sini juga dua tim pemain mencoba mengontrol bola dengan menyentuhnya hanya menggunakan kaki, dada, lutut atau kepala mereka dan mencoba menendang bola melewati jaring ke sisi lawan. Gagal menendang bola melewati net menghasilkan poin untuk lawan dan tim pertama yang mencetak poin maksimum dinyatakan sebagai pemenang.

Sepak Takraw berasal dari Malaysia sekitar 500 tahun yang lalu. Pada abad ke-15, sebagian besar dimainkan oleh istana kerajaan. Sekitar abad ke-16, permainan ini menyebar ke seluruh Indonesia, di mana orang menyebutnya Sepak Raga. Pada tahun 1940, versi bersih dari permainan ini tersebar di seluruh Asia Tenggara dan aturan dan peraturan formal dibentuk untuk permainan tersebut. Kompetisi sepak takraw resmi pertama diadakan di klub renang pada tanggal 16 Mei 1945 di Penang dimana tim yang sebagian besar dari berbagai desa di Penang berpartisipasi di dalamnya. Pada masa itu, permainan ini bernama Sepak Raga Jaring. Perlahan permainan itu menyebar ke seluruh Asia Tenggara dan sekitar tahun 1950-an, dimainkan di hampir setiap sekolah.

Federasi Sepak Raga Malaysia didirikan pada tahun 1960 di Penang dan pada tahun 1965 dimasukkan ke dalam South East Asia Peninsular Games. Itu kemudian secara resmi dinamai sebagai Sepak Takraw dan pada tahun 1965 Federasi Sepak takraw Asia (ASTAF) didirikan sebagai komite yang mengatur olahraga. Pada tahun 1992, Federasi Sepak Takraw Internasional (ISTAF) dibentuk sebagai badan pengatur sepak takraw dunia. Meskipun Sepak Takraw cukup populer di negara-negara Asia Tenggara, popularitasnya juga menyebar di belahan dunia lain termasuk negara-negara Eropa dan Amerika. Di Los Angeles, sudah ada komunitas Sepak Takraw yang mengakrabkan permainan di seluruh negeri. Di Kanada juga, permainan ini telah mengalami popularitas yang meluas. Beberapa negara dimana permainan Sepak Takraw cukup populer atau muncul sebagai salah satu permainan populer yaitu di negara Malaysia, Thailand, Indonesia, Korea, Jepang, India, Filipina, Brunei, USA, Pakistan.