Makanan Sultan Paling Mahal di Indonesia!

Indonesia punya banyak sekali makanan khas yang kaya dengan rasa nikmat dan dicari oleh warga lokal juga wisatawan. Istimewanya lagi, setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri tentang cita rasa yang berbeda-beda, baik pedas, manis, asam, asin, dan lain lain. Sehingga tidak aneh apabila setiap orang juga memiliki cita rasa sendiri dalam masakan dan selera makanannya.
.
Selain enak, makanan Indonesia juga terbilang murah loh, kalua dibandingan dengan negara lain. Namun, ternyata Indonesia juga memiliki makanan paling mahal yang juga masuk ke dalam deretan-deretan makanan termahal di dunia. Berikut makanan paling mahal yang mungkin cuma bisa dibeli oleh sultan.
.
1. Kopi Luwak
.
Kopi ini menjadi salah satu kopi termahal di Indonesia. Bahkan, kopi luwak seringkali menjadi komoditi ekspor yang dapat dinikmati oleh pecinta kopi di dunia. Kopi ini dihasilkan dari biji kopi khas, yaitu biji kopi robusta, dengan kualitas paling baik karena telah dipilah secara alami oleh musang atau hewan lunak lainnya.
.
Uniknya, musang atau hewan lunak itu akan mengonsumi biji kopi dan kemudian melakukan fermentasi di dalam sistem pencernaannya sendiri. Setelah proses tersebut selesai, biji kopi yang telah dikonsumsi tadi akan secarara otomatis dikeluarkan oleh hewan tersebut dalam bentuk kotoran. Kotoran atau biji yang sudah keluar akan diambil dan diolah kembali agar dapat menjadi kopi yang nikmat untuk diminum.
.
Proses panjang dan berkualitas akan menjaga cita rasa kopi baik menjadi alasan mengapa kopi ini dijual dengan harga yang sangat mahal, diketahui sekitar Rp3,4 - Rp16 juta per kg.
.
2. Ayam Cemani
.
Sepertinya Indonesia memiliki banyak sekali menu makanan dengan bahan dasar ayam. Namun sepertinya ayam ini hanya bisa dibeli oleh sultan. Ayam Cemani memiliki warna tubuh yang menarik yaitu hitam pekat dan sudah popular sejak jaman Kerajaan Majapahit.
.
Ayam ini memiliki populasi yang sangat sedikit sehingga apabila kamu ingin mengonsumsi makanan ini, kamu perlu mengeluarkan budjet yang sangat besar. Sekiranya kamu perlu mengeluarkan uang hingga Rp33 juta per satu ekornya.
.
3. Sarang Burung Walet
.
Makanan mahal lainnya adalah Sarang Burung Walet yang juga berasal dari Indonesia. Perlu kamu tahu, bahwa burung walet membuat sarangnya dengan air liurnya sendiri, menarik bukan? Satu ekor burung walet hanya dapat membuat sarang yang utuh sekitar 44 hari lamanya.
.
Sarang burung wallet memiliki manfaat yang begitu besar yaitu dapat menjadi obat alternatif untuk menyembuhkan kanker karna mengandung asam amino kompleks. Tak hanya itu, sarang ini juga mengandung glikoprotein, mineral, dan zat alami lainnya. Sehingga harga yang ditawarkan juga sangat mahal, yakni sekitar Rp40 juta per kilogramnya.